PELATIHAN SOFT SKILL SIAP KERJA BAGI MAHASISWA STF MUHAMMADIYAH TANGERANG

Dunia kerja penuh dengan tantangan untuk itu perlu adanya pelatihan khusus sehingga tantangan tersebut dapat teratasi dengan mudah, dan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam melamar pekerjaan adalah mengenali dan mencari tahu perusahaan apa yang dituju dan pekerjaan apa yang akan dilakukan, sehingga perlu adanya skill atau bakat untuk bisa mengatasi itu semua. Maka dari itu Bagian Kemahasiswaan bekerja sama dengan Bidang Akademik menyiapkan lulusan dari Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang siap bersaing di dunia kerja, salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan Soft Skill siap kerja bagi mahasiswa.

Tujuan dari kegiatan Soft Skill Siap Kerja bagi mahasiswa ini adalah Membangun dan mengasah Soft Skill mahasiswa, serta menyiapkan lulusan Sekolah Tinggi Farmasi Muhammmadiyah Tangerang siap bersaing di dunia kerja. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Agustus 2021 pada pukul 08.00 – 12.00 secara daring melalui aplikasi zoom. Peserta kegiatan pelatihan ini ditujukan kepada mahasiswa tingkat akhir baik program studi Diploma III (D3) maupun Strata Satu (S1), namun banyaknya antusias dari mahasiswa semester dibawahnya, maka pihak panitia mengijinkan kepada mahasiswa semester lain untuk dapat ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Materi kegiatan pelatihan Soft Skill siap kerja bagi mahasiswa ini terkait tentang Motivasi seputar melamar pekerjaan, Tips melamar Pekerjaan, Pembuatan CV, Komunikasi interpersonal (interview), Job Fair dari beberapa industri yang mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini mengundang pemateri yang sudah sangat berpengalaman dibidangnya. Kegiatan ini terdiri dari  tiga sesi. Dua diantaranya adalah pemberian materi mengenai Pelatihan cara pembuatan CV, Public Relationship dan sesi ketiga yaitu informasi Job Fair. Pada sesi pertama yang disampaikan oleh bapak Abdul Wahid, A.Md atau yang biasa disapa Kang AW yang membahas tentang bagaimana cara pembuatan CV yang baik dan benar serta tips dalam menghadapi interview kerja, dan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh moderator pertama, yaitu  La Ode Akbar Rasydy, M.Si. Pada sesi kedua yang disampaikan oleh bapak H. Asep Ridrid Karana, S.H., C.H yang membahas tentang bagaimana cara membangun hubungan atau komunikasi dengan orang lain serta pemberian motivasi dan setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh moderator kedua, yaitu Arini Aprilliani, M.S.Farm. Pada sesi terakhir yaitu pemberian informasi Job Fair kepada para peserta pelatihan Soft Skill siap kerja dari PT Pharos Indonesia dan PT Sumber Indah Lestari (DANDAN),serta info Job Fair dari grup alumni secara brodcast yang disampaikan oleh yaitu bapak Ariadin Nurfy, S.Sos selaku kepala bidang PMB dan Alumni STF Muhammadiyah Tangerang.

Pelatihan Soft Skill Siap Kerja telah terlaksana dengan sukses atas dukungan penuh dari Pimpinan STF Muhammadiyah Tangerang, seluruh  panitia, pemateri serta partisipan. Pelatihan Soft Skill siap kerja ini diselenggarakan untuk membantu para mahasiswa dan alumni sekolah tinggi farmasi muhammadiyah tangerang dalam mencari pekerjaan sesuai dengan fashion. Diharapkan dengan diadakan pelatihan Soft Skill siap kerja ini semakin banyak lulusan Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang yang langsung mendapatkan pekerjaan, baik di industri, rumah sakit, atau instansi pemerintahan.

 

Gambar 1 dan 2. Beberapa peserta pelatian soft skill STF Muhammadiyah Tangerang

 

Penulis : Diana Sylvia