Tumbuhkan kesadaran halal, UNIMAR lakukan workshop halal bagi UMKM Kabupaten Tangerang

Tangerang, Universitas Muhmmadiyah A.R Fachruddin (UNIMAR) mengadakan kegiatan sosialisasi dan workshop dengan tema Kehalalan produk kepada UMKM di daerah Kabupaten Tangerang, yang diselenggarakan oleh pusat kajian halal Lembaga Penelitian dan Pengapdian Masyarakat (LPPM) UNIMAR bekerjasama dengan LPPOM MUI Banten.

Workshop tersebut diselenggarakan tanggal 22 Oktober 2022  dengan dihadiri 66 peserta pelaku UMKM dari berbagai kecamatan mulai dari Kecamatan Cikupa, Jambe, Solear, Kotabumi, Pasar Kemis, Mauk, Balaraja, Sepatan, dan kecamatan lain yang berada di Kabupaten Tangerang. ke 66 peserta tersebut terdiri dari 59 UMKM makanan, 2 UMKM konveksi/pakaian, 1 UMKM jasa pengiriman, 1 UMKM jasa sapi qurban, 1 UMKM percetakan, dan 1 UMKM perlengkapan olaraga.

Pada kegiatan sosialisasi dan workshop ini terdapat 6 narasumber yang berkompeten di bidang nya, Yaitu Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono, ST., MT ASEAN Eng sebagai pembicara utama  dari LPPOM MUI Banten. Dr. apt. Nita Rusdiana, M.Sc selaku kepala LPPM UNIMAR dari prodi farmasi Univeristas Muhammadiyah A.R Fachruddin. apt Nuraini, M,Farm selaku dosen dari prodi farmasi Univeristas Muhammadiyah A.R Fachruddin. Sicsa Wulandari, M.P.d  selaku dosen dari prodi Pendidikan Univeristas Muhammadiyah A.R Fachruddin. Yogi Priyo Istiyono, M.T selaku selaku dosen dari prodi Teknik Univeristas Muhammadiyah A.R Fachruddin. Helmas Septiyo Hadi, M.M selaku dosen dari prodi Ekonomi dan Bisnis Univeristas Muhammadiyah A.R Fachruddin.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara offline di Aula Ki Bagoes Hadi Koesoemo UNIMAR dan berlangsung dengan penuh antusias dari para peserta.  Selain untuk sosalisasi terhadap pelaku UMKM kegiatan ini juga dapat berfungsi sebagai sistem jaminan halal dalam produk olahan pelaku UMKM, untuk dapat mengenal bahan tambahan pangan yang baik digunakan, mendampingi serta mengedukasi Halal bagi pelaku UMKM,  serta sarana untuk saling mengenalkan produk antar UMKM yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Tangerang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosalisasi dan workshop kehalalan produk kepada UMKM ini dapat menambah wawasan mengenai sistem jaminan kehalalan produk, pengetahuan mengenai bahan tambahan yang baik dan halal, pengetahuan mengenai pengunaan label dan logo halal pada hasil produk olahan UMKM, pengetahuan mengenai jajanan halal pada anak-anak, pengetahuan mengenai edukasi pendampingan halal bagi UMKM, pengaruh mengenai digital marketing, kualitas produk, dan logo halal terhadap minat beli konsumen UMKM, serta pengetahuan mengenai penerapan teknologi QRIS pada UKM Halal di Wilayah Kabupaten Tangerang.