Hari Raya Idul Adha 1445 H, UNIMAR Laksanakan Solat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban

Hari Raya Idul Adha adalah salah satu perayaan penting dalam agama Islam. Juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, ini adalah momen di mana umat Muslim merayakan kesetiaan, ketaatan, dan pengorbanan Nabi Ibrahim (Abraham) kepada Allah. Ini adalah waktu untuk mengingat kisah Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail, sebagai tanda taat kepada perintah Allah. Namun, di saat-saat terakhir, Allah mengirimkan seekor domba untuk digunakan sebagai pengganti Ismail.

Selama Idul Adha, umat Islam dari seluruh dunia berkumpul untuk melakukan salat khusus, berbagi daging hewan kurban kepada keluarga, teman, dan mereka yang membutuhkan, serta memberikan kepada yang kurang beruntung. Ini adalah momen untuk memperkuat hubungan dengan Allah dan memberikan perhatian kepada sesama.

Jaka Supriyanta selaku Rektor Unimar menyampaikan “alhamdulillah dari tahun ke tahun kita selalu mengadakan Solat Idul Adha dan qurban, kalau qurban ada yang di lakukan di kampus dan ada yang di lakukan di Baduy, alhamdulillah tahun ini kita memotong hewan qurban sebanyak 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing, 1 ekor sapi kita potong di baduy Bersama sodara kita di sana, 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing dipotong di kampus UNIMAR.” 17/06/2024

Tradisi Idul Adha juga mencakup pengorbanan hewan kurban seperti domba, sapi, atau kambing, yang kemudian dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Ini adalah simbol dari pengorbanan, kemurahan hati, dan kedermawanan yang ditanamkan oleh ajaran Islam.
Selain itu, Hari Raya Idul Adha juga merupakan kesempatan bagi keluarga dan teman-teman untuk berkumpul, merayakan bersama, dan berbagi kebahagiaan. Ini adalah saat di mana nilai-nilai solidaritas, kepedulian, dan pengabdian kepada Allah dan sesama sangat diperkuat.

“Pada akhirnya, Hari Raya Idul Adha adalah perayaan yang sarat makna dalam agama Islam, yang mengajarkan kesetiaan, pengorbanan, dan kemurahan hati. Ini juga adalah waktu untuk bersyukur atas berkat yang diberikan oleh Allah dan untuk mempererat ikatan antar umat manusia.” Tutup Rektor Unimar